#HI5TORY | Juara Lima Kali Beruntun Ala Juventus

8:43:00 AM

Pertandingan AS Roma vs Napoli semalam jadi sebab para Juventini berbahagia hari ini. Pasalnya hasil tersebut memastikan Juventus juara Serie A di musim 2016/2017. Kekalahan Napoli membuat selisih poin dengan Juventus menjadi 12. Sementara sisa pertandingan musim ini menyisakan 3 giornata, yang berarti Juve tak mungkin terkejar oleh rival terdekatnya di papan klasemen, Napoli.  Hashtag #HI5TORY menjadi tema euforia kemenangan Lavecchia Signora musim ini.


Entah kenapa aura juara Juventus musim ini begitu berbeda dengan musim-musim sebelumnya. Walaupun perayaannya (sepertinya) tidak semeriah musim-musim sebelumnya yang dirayakan setelah berakhirnya hasil tim lain, tapi tahun ini adalah tahun perolehan titel yang sangat spesial buat Juve. Alasannya?

Pertama, kehilangan pemain-pemain pilar seperti Pirlo, Tevez dan Vidal, membuat Juventus diragukan oleh banyak pihak untuk mempertahankan gelar juara serie A yang diraihnya musim lalu. Hal itu terbukti dengan hasil awal musim yang buruk. Tiga pertandingan pertama Juventus musim ini hanya menghasilkan 1 poin bagi tim yang bermarkas di J-Stadium ini. Hingga pekan ke-10, setelah kandas oleh Sassuolo, Juve hanya bisa bertengger di posisi 12 yang merupakan hasil dari 4 kali kalah, 3 kali seri, dan 3 kali menang.

Namun semuanya berubah sejak pekan ke-11. Derbi melawan Torino jadi titik balik Juventus. Kemenangan 2-1 di J-Stadium mengawali trek sempurna Juventus menuju juara. Hingga pekan ke-35 kemarin melawan Fiorentina, Si Nyonya Tua berhasil membukukan 24 kemenangan dan 1 kali seri, dalam 25 laga terakhirnya. Hal tersebut diamini dengan terseok-seoknya para tim rival macam Inter Milan, Roma dan Napoli. Tim terakhir menjadi tim yang paling kuat bersaing dengan Juventus menuju puncak klasemen. Tanggal 14 Februari saat Juve menaklukkan Napoli 1-0, menjadi pembuktian bahwa Juve belum habis sekaligus mengakuisisi puncak klasemen yang sebelumnya diduduki oleh rival terberatnya tersebut. Sampai pekan ke-35, disaat Juventus menang melawan Fiorentina 2-1, di hari berikutnya Napoli justru kalah melawan AS Roma di Olimpico Roma 1-0. Pekan yang menyempurnakan come back luar biasa Juventus musim ini.

Kedua, titel musim ini adalah titel untuk kelima kalinya bagi Juve. Titel pertama diraih pada saat Conte masih jadi Allenatore untuk pertama kalinya di musim 2011/2012. Tiga tahun berturut-turut melatih Juve, Conte sapu bersih dengan mempersembahkan 3 titel juara Serie-A. Selanjutnya di tahun 2014 Max Allegri menggantikan Conte, yang kemudian hingga sekarang juga menyapu bersih titel 2 kali berturut-turut untuk Juventus. Pencapaian yang belum bisa diraih oleh tim di Serie-A di satu dekade terakhir.

Ketiga, hashtag #HI5TORY ini juga bukan tanpa arti. Tagar ini mewakili prestasi Juventus musim ini. Sesuai dengan artinya "history" yang berarti "sejarah", Juve memang selalu akrab dengan torehan-torehan sejarah setiap kali menjuarai titel serie-A. Musim ini Juve kembali menorehkan sejarah, yaitu tim pertama yang menjuarai liga 5 kali berturut-turut sebanyak dua kali. Setelah sebelumnya di musim 1930/1931 sampai musim 1934/1935, untuk kedua kalinya Juve menorehkan prestasi luar biasanya di musim 2011/2012 sampai 2015/2016. Selain itu, musim ini merupakan keberhasilan Juve menjuarai Serie-A yang ke 34. Hal yang belum pernah ditorehkan oleh tim mana pun di Italia.

Terakhir, kemenangan musim ini dibersamai dengan bersinarnya dua bintang muda Juve. Ialah Paulo Dybala dan Paul Pogba yang sukses menjadi amunisi serang Juve di lini depan. Paulo Dybala sukses menyarangkan 16 gol musim ini sebagai top scorer Juventus, dan peringkat ke-dua pencetak gol terbanyak di Serie-A setelah Higuain. Pembelian paling sukses yang dilakukan Marotta musim ini. Sementara Pogba, yang menjadi gelandang andalan Juventus, selalu jadi creator serangan di lini tengah. Keduanya berhasil membuat kolaborasi apik di musim 2015/2016 bagi Juve.

Semoga di musim-musim berikutnya Juve makin ciamik dengan performa-performa pemain-pemain lama maupun pemain baru yang akan direkrut musim panas nanti. Tentunya dengan prestasi yang lebih tinggi dari sekedar juara Serie-A. Ya, melihat Il Capitano mengangkat trofi Liga Champion Eropa hal yang diidam-idamkan bagi para Juventini. Semoga ya.. Fino alla fine! Forza Juve!

You Might Also Like

1 comments

  1. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515

    bandar judi
    agen terpercaya
    sabung ayam bangkok

    ReplyDelete