Naga benar hidup di bumi??

2:10:00 PM

Judul di atas mungkin akan sedikit mencengangkan para pembaca notes ini. Seekor hewan yang banyak orang bilang hewan legendaris ini benar-benar ada dan eksis di muka bumi?? Mungkin yang ada dalam fikiran para pembaca adalah seekor hewan sejenis ular yang bertubuh besar, panjang dan biasanya mengeluarkan api lewat mulutnya sebagai senjata, bukan begitu??

Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya sebagai kadal bersayap.(wikipedia Indonesia)

Sayangnya yang ada dalam fikiran itu hanyalah khayalan belaka. Mungkin yang seperti itu hanya ada di film-film saja, baik film beneran maupun animasi. 'Naga' yang dimaksud di sini adalah seekor hewan kecil yang kebetulan memang benar-benar mirip naga yang ada di film. Lalu seperti apa hewannya?
check this out...

Pernah melihat yang beginian??

Mungkin bagi orang yang mempunyai masa kecil mirip dengan saya mungkin sudah tidak asing lagi dengan makhluk yang tergambar di atas. Entah apa nama hewannya, yang pasti ketika saya kecil menyebutnya 'naga-nagaan'. Mungkin karena bentuknya yang mirip naga, dan karena waktu itu masih kecil (sekitar umur 10 tahun) jadi asal nebak aja hewannya namanya naga. Dan sampai sekarang saya masih belum tahu apa nama dibalik hewan mungil itu...

Lalu apa istimewanya??

'Naga' ini rupanya memiliki banyak keunikan, baik itu bentuk tubuhnya maupun tingkah lakunya.
'Naga' ini berukuran sekitar 1-2 cm panjang tubuhnya, sedangkan lebarnya hanya sekitar 0,5 cm. Beda jauh bukan dengan naga yang di gambarkan di legenda??
Ya, seperti yang di gambarkan di atas, hewan mungil ini mempunyai satu kepala (emang maunya berapa??) berwarna cokelat kehitam-hitaman, 3 pasang kaki, dan satu buah badan yang memanjang berwarna kuning keputih-putihan. Di kepalanya terdapat sebuah senjata andalanya berupa capitan seperti pada kumbang (beetle). Cukup sakit juga apabila tangan kita terkena capitannya.
Sebuah badan yang memanjang, yang terlihat seperti beruas-ruas ini tidak berbentuk lurus, tapi bergelombang (ciri khas naga dalam legenda). Di punggung bagian belaknagnya terdapat seperti sebuah punuk. Entah itu fungsinya untuk apa saya kurang tahu juga. Yang uniknya lagi, pada punuk tersebut, jika dilihat dari atas akan terlihat seperti tulisan angka '25' lho... coba cek sendiri kalau gak percaya...


Ketiga pasang kakinya yang terletak di dekat kepalanya terlihat mungil dan seperti berbulu. Tapi jangan salah, berkat ketiga kakinya si 'naga' dapat membuat 'rumah' indahnya di dalam tanah.



ya, lubang yang terlihat di atas itu ternyata bukan lubang semut bahkan tikus. Itulah rumah 'naga' yang terlihat sangat 'indah'. Dibilang indah karena bentuk rumahnya sangat unik, lubangnya berbentuk lingkaran hampir sempurna, dengan panjang lubang kedalam sekitar 10 cm atau sekitar sepuluh kali tubuh mereka (telah diuji dengan pengukuran menggunakan karet gelang). Biasanya lubang-lubang tersebut bisa ditemukan di tanah yang tingkat kelembabannya cukup tinggi.
Cara membuatnya ialah dengan memanfaatkan capit yang ada di kepalanya dan tiga pasang kakinya. Capit kepalanya itu digunakan untuk mengeruk tanah atau pasir-pasir hingga terbentuk sebuah lubang. Lalu kaki-kakinya itu ia pergunakan untuk menyingkirkan batu-batu kecil yang ada di sekitar lubang tersebut. Cukup lama untuk membuat sebuah rumah. Saya yang dulu pernah mencoba memperhatikan bagaimana si 'naga' membuat rumahnya, 3 jam melihat hanya menghasilkan kedalaman sekitar 1 cm. Sehingga jika dihitung secara matematis jika yang diinginkan lubangnya sedalam 10 cm, maka waktu yang dibutuhkan sekitar 30 jam. Lebih dari satu hari satu malam.

Nah itulah kira-kira keunikan-keunikan yang dimiliki oleh si 'naga' yang mungil.
Hanya sekedar berbagi informasi.
Ya, inilah salah satu kekayaan alam di muka bumi ini. Banyak sekali sebenarnya sesuatu yang belum pernah kita jamah. Ya, karena itulah kebesaran Tuhan. Menciptakan berbagai makhluk hidup sedemikian rincinya sehingga hidup berragam dan bermacam-macam.
Untuk itu, cintailah bumi ini dengan berbagai keanekaragamannya!!

You Might Also Like

20 comments

  1. wkwkwkwk, undur undur ni ma....

    ReplyDelete
  2. bukan.. namanya naga-nagaan.. hee

    ReplyDelete
  3. Waktu saya kecil namainya. Uler naga😄

    ReplyDelete
  4. Ditempat saya itu namanya nogo selawe.��

    ReplyDelete
  5. kira kira namany apa ya? kalo ada khasiatny nih hewan kan lumayan,d rumah saya banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Carikan yg panjangnya minimal 4 cm kalo bisa???

      Delete
  6. nagaaaa.... yang ngambilnya harus pake karet :D tapi sering gagal daripada berhasilnya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku mancingnya pake bunga rumput, selalu berhasil. sekarang gak pernah liat binatang ini lagi udah 20tahun lebih

      Delete
  7. Artikel yang bagus, jadi inget masa kecil dulu. Tp sekarang sepertinya susah dicari.

    ReplyDelete
  8. nama ilmiahnya apa ya ? saya cari di google gak nemu nemu

    ReplyDelete
  9. Saya dan sepupu saya pernah lihat kayak gitu diRumah sepupu saya,malahan saya suka nyari itu kalau di rumah saudara saya.

    ReplyDelete
  10. Di tempatku namanya OTENG-OTENG

    ReplyDelete
  11. Di tempat saya namanya Lemah Lanang. Mancingnya pake karet gelang. Yang tau nama ilmiahnya share dong..

    ReplyDelete
  12. Sering dijadiin aduan hehehe, ngambilnya pake karet, hewan apa ya ini namanya?

    ReplyDelete
  13. mainan zaman masih kecil di kalimantan tengah.. " mancing naga" :D

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Itu nama ilmiahnya tiger beetle larva ( kumbang harimau masih dalam fase ulat )

    ReplyDelete