Pulau Salissingan

8:23:00 AM

Setelah Nunukan dan Kubu Raya, kali ini giliran dapet kesempatan buat blusukan ke Kabupaten Mamuju. Bukan blusukan deng tepatnya, tapi adventuring broh. Kan katanya "My Trip, My Adventure". hehehe
Tapi ini bukan dalam rangka acara-acara TV swasta itu loh ya. Kali ini saya dapat tugas dari tempat saya bekerja untuk asesmen pulau ini dengan segala macam keberagaman isinya. Seru? Banget!

Kalau dengan Mamuju mungkin sudah biasa atau seenggaknya pernah denger lah ya. Yang ini gak biasa! Saya juga baru denger setelah mendapat tugas suci ini. Kala itu agak ngeri juga dengerin spoiler yang disampaikan si pemberi tugas akan pulau ini. Tapi tetep, maju aja! Tanggal 25 saya dan satu rekan saya resmi berangkat ke sana! Bon Voyage!

Yap, namanya Pulau Salissingan! Salah satu pulau dari kepulauan-kepulauan yang ada di Kabupaten Mamuju. Nih penampakannya.

Pulau Salissingan
Pulau ini bener-bener gak terkenal loh. Sampai saya nanya sama orang Mamuju yang tinggal di pusat Kabupaten aja gak ngerti. Padahal kan masih satu Kabupaten? Harusnya kalau terkenal dia tau kan keberadaan pulau itu?

Ternyata memang letak pulau ini jauh dari pusat peradaban Mamuju. Salissingan adalah pulau paling barat dari Kab. Mamuju. Berbatasan langsung dengan batas timur wilayah Kalimantan Timur. Pulau ini merupakan salah satu pulau dari Kepulauan Bala-balakang yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Mamuju. Justru pulau ini dekat dengan Kota Balikpapan. Tapi sedekat-dekatnya ya tetep jauh juga deng. -_-

Secara administratif pulau ini memang milik Kabupaten mamuju. Namun secara de facto, masyarakat pulau ini bergantung sama Balikpapan, pusat peradaban terdekat. Kebutuhan pokok orang pulau mereka dapatkan dari salah satu Kota di Kaltim ini. Ya, bukan kenapa-kenapa, satu-satunya alasan ya karena akses terdekatnya ke situ. Kalau dibandingkan ke Balikpapan dengan ke Mamuju perbandingan aksesnya 1:3 lah. Baik dari segi jarak, waktu dan biaya. Lagian kalau dari pulau menuju ke Mamuju, jalur terbaik dan teramannya juga memang harus lewat Balikpapan dulu deng. hehe

Selanjutnya saya akan cerita tentang perjalanan menuju ke sana ya. Karena pulaunya gak biasa, perjalanannya juga gak biasa dong ya. Don't miss it! :)

You Might Also Like

0 comments