Semut rasa manis ada?

10:55:00 PM

Pernah melihat semut?? Hahaha..
Pertanyaan bodoh yang mungkin hampir semua orang akan menjawab iya. Hewan kecil yang tergolong dalam famili serangga ini hampir selalu kita jumpai dimanapun kita berada. Sungguh eksis sekali semut ini. Sayangnya mereka belum bisa membuat akun socio networking sekelas facebook ini. Sehingga tidak usah khawatir, mereka tidak akan mengalahkan ke-eksis-an kita. =)
Lalu ada apa dengan semut?

Hampir semua orang pernah "memelihara" semut di rumahnya. Kalau yang nggak tinggal rumah, yaudah deh, di kosnya. Nggak tinggal di kos juga, iya deh, di asramanya. Bukan tinggal di asrama juga, wooii, tinggal di mana kamu??? TT. . . . Pokoknya di mana pun orang bersemayam pasti pernah merasakan nikmatnya "merawat" semut.
Apalagi ketika kita sedang kaya, banyak makanan yang kita timbun di tempat tinggal kita. Ada gula, ada semut. Seakan peribahasa (eh, bener nggak si itu peribahasa?) itu tidak berlaku lagi. Mungkin semut jaman dahulu dengan sekarang berbeda ya. Pertama kali peribahasa itu dilontarkan mungkin semut waktu itu hanya doyan makan gula. Tapi sekarang, tidak hanya gula yang ia serbu. Semua makanan dengan berbagai jenis rasa mereka embat juga. Bahkan makanan basi yang udah jamuran, yang baunya nggak enak apalagi rasanya, mereka doyan juga. Ckckckck... Dasar semut, apa mereka nggak takut sakit perut ya?? Hanya mereka dan Tuhan yang tau. =D

Nah, itu kalau kasusnya semut itu lagi makan makanan.Sekarang kalau kita balik kasusnya. Makanan yang makan semut??  Bukan itu maksudnya!! Lalu apa?? Semut itu dimakan oleh kita. Nah lo.. Pernah nggak? Saya pernah dong.. (njuk ngopo??) wkwkwk..
Tidak hanya hewan lain yang bisa makan semut. Manusia pun pernah merasakan "nikmatnya makan" semut. Sudah pernah merasakan?? Kalau belum, "don't try this at home"..wkwkwkw.

Ternyata semut pun mempunyai aneka rasa ketika mereka sampai di lidah manusia. Mungkin karena semut jaman sekarang doyan yang macem-macem. Jadi aja rasanya macem-macem kalau dimakan. Hahahah... =D
Ini dia list rasa semut (yang pernah lidah saya rasakan):

  • Pahit. Ini adalah rasa semut jenis yang kecil-kecil (emang ada semut yang gede?). Semut yang berwarna ke cokelat-cokelat-an dengan panjang kurang dari 2mm. Semut ini sering kita jumpai pada masakan-masakan yang dihidangkan sebagai lauk.
  • Pedas. Semut jenis ini sering kita jumpai pada makanan sejenis roti. Warna semutnya merah ke oren-orenan. Suka bikin "jentol" kalau digigit mereka. Mungkin kalau lagi kehabisan cabe, semut ini bisa jadi alternatif yang tepat. =D Tidak hanya jenis itu saja, semut yang sering kita jumpai pada buah rambutan pun punya rasa yang sama. Berwarna hitam dan berukuran medium. Larinya cepat dan rasanya, sudah pasti, pedasssss... Penasaran? "please try this at home"
  • Asin dan bau gak enak. Semut jenis ini sering kita jumpai pada segumpal gula atau minuman yang bergula. Bentuknya sangat kecil, warnanya oren keputih-putihan. Larinya cepat dan selalu beraninya keroyokan. Mungkin semut ini yang paling sering saya rasakan.
  • Tidak ada rasanya. Ini memang bener gak ada rasanya atau lidah saya saja yang mati rasa. Semut dengan rasa ini larinya sangat cepat. Berwarna hitam dan mungkin hampir sama jenisnya dengan semut rambutan. Hanya saja jenis semut ini berukuran lebih kecil dari semut rambutan.
  • Asam (baca: kecut). Ini dia semut dengan rasa terbaru yang saya rasakan. Semut jenis ini mungkin adalah semut paling aneh yang saya jumpai. Bentuk tubuhnya yang tidak normal (seperti semut-semut pada umumnya), ukurannya sangat besar (jika dibandingkan dengan semut-semut lain), warnanya cokelat kehitam-hitaman. Larinya cukup cepat dan gesit. Namun karena tubuhnya yang besar, mudah dimusnahkan dan disingkirkan. (Udah tau kelihatan gede gitu, masih aja "dimakan"). Semut ini sering kita jumpai pada makanan-makanan dengan rasa manis, seperti gula, cokelat, roti, dan *martabak.
Itulah mereka. Dengan aneka rasa yang mereka miliki ternyata cukup memberikan hikmah juga bagi yang sudah pernah merasakannya (baca: saya).Tapi ada yang janggal dari semut, belum pernah saya rasakan semut dengan rasa manis. Padahal mereka maniak gula. Rasa apa yang anda suka?? Atau malah sudah pernah merasakan semut rasa manis?? "don't try this at home"!!! ^^,

You Might Also Like

0 comments