Tips Aman Belanja ke Tanah Abang

11:42:00 AM

Akhir pekan kemarin, tepatnya hari Ahad, saya dan istri diberi kesempatan buat jalan-jalan ke Jakarta (lagi). Secara biasanya kita (lebih tepatnya saya) disibukkan dengan agenda kantor masing-masing. Biarpun weekend tapi tetep ngantor. Ya itu resiko pekerjaan. Tapi pekan ini sungguh selo seselo-selonya. Jadilah istri ngajakin nengok Tanah Abang karena penasaran. Niatnya sih cuma pengen jalan-jalan dan belanja mukenah buat sendiri aja. Ujung-ujungnya kulakan barang jualan. Hehehe

Kali itu adalah pengalaman pertama kami ke Tanah Abang dari Bogor. Sebelumnya saya memang sudah pernah ke sana, tapi bareng rombongan teman-teman guru. Semuanya sudah disetting oleh rekan-rekan panitia, jadi peserta mah tinggal duduk aja, tiba-tiba udah sampai sono aja. Nah, kalo kemarin beda. Saya harus mikir gimana caranya bisa nyampai di Tanah Abang dengan cukup nyaman. Tentunya dengan kombinasi kendaraan pribadi dan kendaraan umum yang terbatas.

Sempat browsing-browsing juga sih. Tapi belum ada saran yang lebih baik dari apa yang sudah saya rencanakan. Jadi aja saya pergi sesuai dengan rules yang sudah direncanakan, sepengetahuan saya. Dan setelah dijalani, memang cukup aman dan nyaman guys. Tentunya dengan trik-trik yang ciamik. Barangkali ini bisa jadi referensi buat yang baca ya. Berikut ini beberapa Tips Aman Belanja ke Tanah Abang Jakarta. Gak cuman aman, tapi nyaman dan hemat.

1. Rencanakan dengan matang perjalanan Anda.
Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan. Mungkin analogi tersebut juga tepat untuk rencana anda buat hang out ke Tanah Abang. Beberapa hal yang harus direncanakan adalah seperti kapan mau pergi ke sana, dengan apa, jam berapa, dan mau ngapain aja. Itu akan memudahkan langkah anda menuju ke sana. Perhatikan juga beberapa asumsi resiko yang bisa saja terjadi. Seperti hujan, kondisi kendaraan pribadi (ban, lampu, rem dan lain-lainnya) jika menggunakan kendaraan pribadi. Jika semuanya sudah terrencana dengan baik, markiper (mari kita pergi)!

2. Naik commuter line aja
Kendaraan yang murah meriah dan bebas dari kemacetan. Dari Bogor ke Tanah Abang cuma 5000 rupiah satu orang. PP cuma 10000. Bandingin kalau pake mobil atau motor pribadi, selain biaya bensin yang cukup menguras kantong, kemacetan juga jadi penghalang kita menuju ke sana. Sehingga cukup menguras tenaga dan waktu kita.

Kalau dari Bogor, disarankan naik dari stasiun Bogor. Pengalaman saya kemarin naik dari stasiun Bojong Gede gak dapet tempat duduk. Terpaksa berdiri untuk beberapa saat hingga akhirnya bisa duduk juga saat berhenti di stasiun Depok. Jika kita naik dari stasiun Bogor maka kemungkinan besar kita akan dapet tempat duduk dan bisa milih kita mau duduk dimana karena stasiun Bogor adalah stasiun pertama diberangkatkannya Commuterline jurusan Tanah Abang hingga Jatinegara.

3. Sesampainya di stasiun Tanah Abang, siapkan mental!
Jika Anda belum pernah ke stasiun Tanah Abang, maka akan cukup kaget dengan ramainya stasiun tersebut di akhir pekan. Banyaknya orang yang ingin pergi ke pasar jadi alasan utama ramainya stasiun Tanah Abang. Segera cari penunjuk arah "keluar" dan ikuti saja petunjuk tersebut hingga Anda benar-benar sampai ke pintu keluar. Kalau bingung, tanya saja petugas stasiun yang baju biru-biru dongker berhelm putih
Sesampainya di pintu keluar, jangan panik! Biasanya akan ada antrian panjang. Jangan kaget! Ya, itu antrian panjang untuk meng-tap kartu THB commuterline supaya kita bisa keluar stasiun. Segera saja pilih barisan, dan berdiri antri di sana!

4. Persiapkan tiket pulang!
Jangan terlalu terburu-buru untuk segera belanja. Rencanakan dulu perjalanan pulang anda. Jika memang akan menggunakan commuterline lagi untuk perjalanan pulang anda, sebelum keluar stasiun, segera cari loket tiket untuk mengisi ulang kartu THB anda untuk pulang. Biasanya antriannya tidak panjang. Paling cuma nunggu 2-4 orang di depan kita. Hal ini sangat bermanfaat guys! Karena di sore hari nanti ketika Anda pulang, kita gak perlu ngantri! Untuk tips ke-4 ini sangat highly recommended untuk dilakukan! Jangan sampai lupa!.

5. Jalan kaki aja!
Dari stasiun ke Pasar mending jalan kaki aja guys. Selain menghemat ongkos, kita bisa sekalian jalan-jalan ngliatin penjual-penjual kaki lima di sepanjang perjalanan ke pasar. Siapa tahu ada yang membuat kita tertarik untuk membelinya. Oh iya, pasar yang dimaksudkan itu pasar Tanah Abang blok A dan B ya. Arahnya kalau dari stasiun maka Anda harus ambil jalan ke kanan begitu keluar dari stasiun. Terus ikuti jalan raya dan berjalanlah di trotoar jalan.

6. Bawa bekal dari rumah.
Lamanya perjalanan akan cukup menguras energi kita. Bekal jadi penting di bagian ini. Daripada kita beli di pedagang asongan atau di toko-toko dekat pasar yang harganya tentu lebih mahal, mending kita siapkan saja dari rumah. Dari air minum sampai makan siang, mending kita siapin aja deh dari rumah. Lebih hemat.

7. Siapkan uang secukupnya!
Ketika sampai di pasar, pastikan dompet kita sudah terisi uang yang ingin kita belanjakan sebelum keliling-keliling untuk berbelanja. Banyaknya toko dan besarnya bangunan pasar yang sampai 15 lantai akan membuat kita bingung. Sehingga ketika nemu produk yang cocok untuk kita beli, segera samperin aja penjualnya. Tidak usah repot-repot cari ATM dulu buat ngambil uang. Dan yang pasti, simpan dompet dan barang berharga lainnya di tempat yang benar-benar aman buat Anda dan masih dalam jangkauan.

8. Pulanglah dengan bahagia!
Setelah semua tujuan dari rencana kita tercapai, segeralah untuk pulang. Belanjaan yang kita bawa mungkin cukup memberatkan kita selama perjalanan pulang. Tapi itu tidak akan mengurangi kebahagiaan kita karena telah berhasil belanja dengan harga yang murah meriah. Sampai di stasiun kita akan disuguhi pemandangan antrian loket pembelian tiket. Sementara kita? Tiket sudah di tangan. Tinggal tap dan kita bisa langsung menunggu kereta. Have a nice trip guys! ^_^