Cara Mudah Ganti Faskes Pertama BPJS Kesehatan

4:42:00 PM

Satu pengalaman lagi yang cukup 'seksi' untuk dibagi ke kalian semua. Kali ini tentang salah satu layanan milik Pemerintah yang seringkali bernada sumbang didengar. Iya, layanan itu bernama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Saya akan coba berbagi bagaimana Cara Mudah Ganti Faskes Pertama BPJS.

Bagi sebagian orang berpendapat layanan BPJS ini kurang fleksibel. Alasannya simpel, ianya harus menyertakan kolom faskes pertama, yaitu instansi pertama yang harus dituju sebagai tempat berobat pengguna layanan ini. Jadi kalau ingin berobat atau menggunakan layanan BPJS ya harus ke faskes pertama ini. Kalau ingin ke tempat lain, harus dapat rujukan dari faskes pertama ini. Itu pun harus satu daerah/Kabupaten/Kota. Nah bagaimana kalau mau berobat di daerah di luar area Kabupaten/Kota faskes pertama? Simak cerita Cara Mudah Ganti Faskes Pertama BPJS berikut.

Konon saya dan istri berdomisili di Kabupaten X. Suatu saat istri saya hamil dan dia ingin melahirkan di kampung halaman, sebut saja Kabupaten Y. Saya termasuk salah satu pengguna layanan BPJS Kesehatan yang diberikan oleh kantor tempat saya bekerja. Karena saya dan istri berdomisili di Kabupaten X, maka faskes pertama yang saya gunakan untuk layanan ini juga berada di Kabupaten X. Alias kartu BPJS saya dan istri hanya berlaku untuk faskes pertama yang tertulis di kartu tersebut di Kabupaten X.

Saat usia kandungan mendekati 9 bulan, kami pun berniat untuk menggunakan jasa BPJS di Kabupaten Y, tempat asal kami. Layanan yang ingin kami dapatkan antara lain periksa kandungan dan layanan poned puskemas di Kabupaten Y. Nah, karena kurang fleksibel tadi, kartu BPJS kami tidak bisa langsung digunakan di layanan kesehatan di Kabupaten Y. Harusnya kalau sudah online, bisa berlaku di seluruh Indonesia kan? BPJS tidak!

Tapi jangan kawatir. Bukan tidak bisa sama sekali. Kesempatan itu masih ada! Kartu BPJS kita masih bisa digunakan di mana saja, di seluruh daerah di Indonesia. Caranya adalah dengan MENGGANTI FASKES PERTAMA kartu BPJS kita. Begini Cara Mudah Ganti Faskes Pertama BPJS kita.

  1. ASUMSIKAN MUDAH! Jangan mempersulit diri. Bawa opini pikiran kita bahwa hal ini mudah untuk dilakukan. Ya, bener-bener gampang kok. Serius! Kalau memang pada perjalanannya dipersulit, berarti ada yang salah dengan aparatnya. Komplain saja!
  2. CUKUP BAWA KARTU BPJS DAN KTP! Tidak perlu bawa berkas-berkas yang ribet. Cukup bawa kartunya. Tapi jangan lupa, iuran bulanannya harus sudah dibayar ya. 
  3. DATANG KE KANTOR BPJS. Kantor BPJS yang mana? Kalau pada kasus saya, berarti bisa ke kantor di Kabupaten X atau di Kabupaten Y. Pengalaman kemarin, saya mengurusnya ke kantor BPJS Kabupaten Y.
  4. MINTA FORMULIR PINDAH FASKES dan NOMOR ANTRIAN. Sesampainya di kantor BPJS, segera cari bagian informasi atau penyedia formulir. Karena ada banyak formulir, bilang saja sama penyedia formulirnya "Mau pindah faskes". Jangan lupa juga minta nomer antriannya. Kemudian isi formulirnya sesuai dengan yang kita inginkan. 
  5. SAATNYA KETEMU MBAK-MBAK atau MAS-MAS CUSTOMER SERVICE. Saat nomor antrian kita dipanggil, di situlah kita berbahagia. hehehe. Menunggu sekian banyak antrian! Setelah itu curhat saja sama CS-nya, dan, bimsalabim, dia akan mengabulkan apa yang kita inginkan! Tanyakan apa yang harus ditanyakan. Kalau bingung jangan diem aja!
    Pengalaman saya mengganti faskes saat bertemu CS, dia hanya menempelkan selembar kertas stiker kecil berwatermark BPJS di atas tulisan faskes pertama di kartu BPJS saya, kemudian menuliskan nama faskes pertama baru saya dengan tulisan tangan. Sesimpel itu! *cengoh* :O Saat saya tanya, "Ini bisa berlaku mulai kapan mbak?". Mbaknya dengan wajah penuh keyakinan menjawab, "Bisa hari ini juga mas!" *makin cengoh*
  6. CATATAN PENTING! Kartu BPJS yang sudah diganti faskesnya ini berlaku untuk seterusnya. Kalau kita ingin ganti faskes pertama lagi ke faskes awal atau faskes lain, kita harus nunggu 3 bulan setelah kita ganti faskes terakhir. Belum ada informasi batas maksimal berapa kali kita bisa ganti faskes. Jadi kita bisa ganti faskes sesuai kebutuhan kita seterusnya. *bahagia* :D
Nah, begitu kira-kira Cara Mudah Ganti Faskes Pertama BPJS Kesehatan kita. Kalau ada yang mudah, ngapain dipersulit? Iya kan? Semoga bermanfaat ya. Dan tetap, yang paling penting adalah jaga kesehatan tubuh kita! ^_^

You Might Also Like

3 comments

  1. maksih gan,,
    sangat bermanfaat,,
    ijin sedot gan,,,

    ReplyDelete
  2. berarti langsung jadi ya...gak nunggu 2 minggu lagi atau sebulan???

    ReplyDelete
  3. I had been looking via numerous of your conditions for this website besides I imagine this place is exceptionally educational.
    Togel Singapura Online

    Ayam Bangkok Petarung

    ReplyDelete