Gadget saya mutung?

1:54:00 PM

Sudah lebih dari seminggu ini banyak kejadian aneh menimpa saya. Bukan, bukan cuman saya yang tertimpa, namun hal-hal disekitar saya juga. Salah satunya adalah Gadget-gadget saya. Berbagai perilaku-perilaku aneh ditunjukkan Gadget-gadget saya beberapa minggu ini.


Mari saya perkenalkan Gadget-gadget saya. Eh, tunggu sebentar, mungkin ada yang belum tau artinya Gadget (versi saya sih). This is it.

Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. (Wikipedia Indonesia).

Sedangkan dalam hemat saya Gadget adalah alat canggih yang diciptakan untuk fungsi tertentu dimana orang tidak bisa melakukan hal yang bisa dilakukan oleh alat tersebut.

Ini dia gadget-gadget yang selama ini setia menemani bersama saya.
Belalang tempur (Supra X 125). Gadget yang satu ini mempunyai kemampuan dapat berpindah tempat dengan kecepatan max yang pernah ditempuh selama 120 km/jam. Gadget ini sudah menemani saya selama kurang lebih 5 tahun berkelana di Jogja. Selalu setia kemanapun saya pergi (kecuali kalau pergi ke luar pulau Jawa).
Si oren (Acer Aspire 4315). Laptop dengan prosesor Celeron ini merupakan Gadget yang cukup bermanfaat bagi dunia digital saya. Dengan kemampuan yang serba bisa (bisa buka dokumen, bisa nyetel mp3,video, bisa yang lain2nya juga) saya cukup terfasilitasi dengan kehadiran Si oren ini. Yah, itung-itung tidak kesepian kalau lagi di kamar.
Unnamed (Nokia 5130 express music). Gadget dengan kemampuan utama komunikasi jarak jauh ini sudah bagaikan separuh hidup saya. Berkomunikasi dengan koneksi-koneksi nan jauh disana termasuk dengan keluarga Gadget inilah andalannya. Dengan fitur-fitur yang cukup menghibur menambah nilai guna dari Gadget ini yang telah menemani saya satu tahun lebih.

Itulah ketiga Gadget yang saya miliki sampai saat ini. Dengan berbagai kegunaanya mereka membuat hidup (saya) lebih hidup.

Namun entah kenapa akhir-akhir ini mereka memunculkan gejala-gejala yang cukup aneh dan membuat saya hampir kebakaran jenggot (walaupun saya belum punya jenggot).

Dimulai dari si Belalang tempur yang beberapa minggu lalu menunjukkan kebiasaannya yang tidak biasa (lhoo???). Awalnya hanya lampu kota saja yang tidak berfungsi secara optimal. Namun setelah ditilik, semua lampu yang ada di depan yang notabene sebagai penerang di malam hari tidak dapat berfungsi semua. Sehingga ketar ketir kalau akan keluar malam. Akhirnya si belalang hanya sering aktif di siang hari. Tidak lama setelah kematian lampu depan, sekarang giliran lampu sent yang tidak mau berfungsi. Semakin ketar ketir saja, nggak siang nggak malam, bahaya kalau digunakan tanpa kehadiran lampu-lampu tersebut. Akhirnya Si Belalang di non aktifkan, dan hanya diaktifkan kalau bepergian jarak dekat dan dalam keadaan sangat penting sekali. (ex: beli makan, ke kampus).

Berikutnya datang dari Gadget saya yang "serba bisa". Dengan mengandalkan windows XP SP3 yang katanya professional itu cukup membuat dongkol fikiran ini. Menjelang hari-hari yang krusial, justru Si Oren bikin gara-gara. Terbangun dari tidur saya menjumpai SI oren tak lagi menyala seperti biasanya. Awalnya saya kira mungkin ini shut down seperti biasa. Tapi keanehan muncul ketika saya menghidupkan kembali Si oren, dan saya tidak menjumpai dia bekerja secara optimal lagi. Baru masuk logon, langsung muncul layar biru, dan ,. . . . RESTART. . . . begitu seterusnya. ckckckck.. Ya Allah, cobaan apa lagi ini... Dan sayapun tak terhibur di kamar seharian.

Tidak lama setelah kejadian Si Oren, ketika Si Oren sudah cukup membaik kondisinya, sekarang Unnamed yang bikin gara-gara. (jangan pake unnamed ah, gak mboiz. "hape saya" aja..). Setelah dipakai telfon dan musik player tiba-tiba penyakit lama hape saya kumat. Awalnya saya adem ayem saja menanggapi peristiwa ini. Paling besok pagi juga sembuh seperti yang sudah-sudah terjadi. Namun ditunggu sampai esok tiba, tetap saja tak bisa aktif. Untung ada hape cadangan yang beberapa hari yang lalu dipinjamkan ke saya sebagai barang barteran, sehingga komunikasi dengan orang-orang sekitar saya stidaknya bisa berjalan, walaupun sedikit tidak lancar. =(

Yah, begitulah ulah Gadget-gadget saya akhir-akhir ini. Perilakunya aneh dan itulah pertama kalinya mereka bertingkah seperti itu. Saya yang hampir sudah menjadi pecandu mereka hanya bisa berdoa dan berusaha (kebalik ya.. ah, gapapa.. mereka ini) mereka cepat kembali seperti semula dan sewajarnya. Belalang tempur yang sekarang sudah kembali optimal lampu depannya karena sudah saya bawa ke bengkel. Si Oren yang sekarang tampil beda dan lebih ciamik karena sudah saya install ulang dengan Ubuntu 10.4 dan Windows 7. Namun data-data yang ada di SI Oren belum semuanya recovered. Kacau balau penempatannya sehingga saya sering lupa kalau mau nyari file-file yang nylesep-nylesep. Nah, yang paling bikin mangkel hape saya ini, si nokia Abal-abal, yang sampai sekarang masih belum bisa berbuat apa-apa. Sebenarnya ingin saya serviskan, namun melihat masa garansinya yang sudah habis, agak sungkan mengeluarkan uang untuk memperbaiki Gadget yang satu itu.

Begitulah sepenggal kisah tentang Gadget yang rupa-rupanya mulai nakal dengan saya. Saya tidak tau mengapa mereka seperti itu terhadap saya. Mungkinkah mereka telah "mutung" karena perawatan seadanya yang saya berikan kepada mereka? Hanya mereka dan Tuhan yang tahu. =)

You Might Also Like

2 comments

  1. foto laptop si Orennya ada lalatnya yach?

    ReplyDelete
  2. heheheh.. iyah.. sengaja ambil foto lalatnya aja.. si orennya kebetulan aja jadi background..

    ReplyDelete