Pohon Menggaris

11:02:00 PM

Salah satu objek yang nggak bisa saya lupakan dari Sebuku adalah sebuah jenis pohon satu ini. Entah nama resminya apa, tapi orang setempat menamainya dengan Pohon Menggaris.

Satu tahun berada di pedalaman Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, hampir setiap hari disuguhkan penampakan pohon ini. Kalau yang baru pertama melihatnya pasti akan berdecak kagum dibuatnya. Halah. Lebay bro. Eh, tapi ini serius ya. Sangkin menakjubkannya pohon ini. Kalau yang sudah sering mah biasa aja kali ya.

Pohon Menggaris ini adalah pohon tertinggi yang pernah saya jumpai selama saya jalan-jalan keliling Indonesia. Hehehe. Walaupun belum pernah saya ukur panjangnya sih, yang jelas pohon ini terlihat sangat berbeda jauh ukurannya dibanding dengan jenis-jenis pohon lain di sekelilingnya. Nih penampakannya.

Bener kan? Hampir dua kali lipat tinggi pohon di sekitarnya. 

Pohon Menggaris ini batangnya berwarna putih keabuan. Diameternya lebih dari satu meter. Kalau kita menyusuri jalan dari Pembeliangan ke TulinOnsoi akan mendapati sebuah pohon ini di pinggir jalan dan menyaksikan sendiri betapa besarnya batang pohon yang memukau ini. 

Entah pohon ini berbuah atau tidak, tapi kata warga sekitar, pohon ini sering dimanfaatkan untuk memanen madu. Di bagian atas pohon biasanya terdapat sarang lebah yang cukup besar dan menghasilkan madu tentunya. Madu ini cukup terkenal di kalangan orang Sebuku dan sekitarnya maupun dari luar daerah ini. Kalau sempet mampir, jangan lupa beli madunya. Lumayan murah. Seliter cuman 150ribu. Tanya-tanya aja sama warga di Pembeliangan atau di Sembakung.

Konon katanya pohon ini susah untuk ditebang. Pernah katanya ada yang mau mencoba menebang, tapi gergaji yang digunakan untuk menebang mendadak tumpul. Akhirnya banyak orang dalam Sebuku beranggapan pohon ini memang misterius. Mengandung unsur mistis di dalamnya. Katanya sih.

Nah, yang lagi mampir ke daerah Sebuku dan sekitarnya coba gali info ini lebih dalam deh. Di mbah Google jarang banget infonya.

Semoga bermanfaat ya. ^_^

You Might Also Like

0 comments