Mengejar Malabar

1:05:00 AM

Satu lagi pengalaman yang cukup mengesankan, masih dari kisah safar-mensafar alias perjalanan. Ya pasti lah ada hikmahnya, jelas itu. Walaupun pada prosesnya bikin dag dig dug derr bikin jantung berdegup kencang sekencang roller coaster.

Malabar adalah salah satu nama bus PO Dedy Jaya dengan trayek Pekalongan-BSD. Berawal dari niat untuk berangkat menuju Pamulang dengan penuh harapan *halah*. Tadinya sih niat berangkat malam tanggal 27 Januari, eh, pas udah nunggu bus, mungkin karena terlalu malam, tidak ada satu pun bus yang diharapkan lewat. Ya sudah, besoknya aja lah yah, si babeh juga kayaknya sudah ngantuk berat nungguinnya.

Esok harinya, tak mau ketinggalan bus lagi, pagi-pagi sudah nunggu dari jam 8. Yak, as I expected, langsung ke agennya yang deket alun-alun Brebes dan bisa milih tujuan yang dipengenin. Soalnya ya kalau arah Jakarta dan sekitarnya kan banyak tuh trayeknya, biar gak repot pilih yang paling deket aja, BSD/Serpong! Sama bapak yang bertugas di agennya dikasih tau nama busnya, Malabar. Tinggal nunggu busnya datang aja dah.

Singkat cerita, jam 10 si bus baru datang. Bus Dedy Jaya warna biru, dengan tulisan "Malabar" di bagian atas kaca depan bus. Naiklah saya, dan milih panggonan di tengah yang terlihat masih selo. Berjalan dari Brebes ke arah barat menyusuri jalur Pantura. Kota demi kota dilalui. Hingga akhirnya sampailah di tempat pemberhentian bus untuk istirahat. Kalau gak salah sih di rumah makan bernama Dian Jaya, di daerah Indramayu. Tempatnya deket banget sama pantai, nongol sedikit kepalanya di tembok pembatas, udah kelihatan ombaknya. Pantas aja anginnya kenceng betul, hingga debu-debu bertebaran kemana-mana.

Waktu istirahat ini saya gunakan baik-baik buat ke mushola dan kamar kecil dong pastinya, perjalanan masih panjang coy. Memprediksi kalau sampai tujuan sore mendekati maghrib, sholatnya dijamak aja dah. Selesai sholat saya nglodot lewat bagian belakang toilet, terlihat busnya masih terparkir, aman. Saya mutar balik menuju tempat si bus parkir. Kira-kira 200 meter lah jarak tempuhnya. Karena anginnya kenceng. laju menuju tempat parkir sedikit terhambat, sambil nutupin muka menghindari kelilipan.

Petaka dimulai ketika saya tiba di tempat parkir, dan mendapati si Malabar tak ada di tempat parkir. Panik, pasti itu. Dengan tergesa-gesa saya menuju gerbang keluar rumah makan mencari-cari bus yang hilang, siapa tau baru saja meninggalkan tempat parkirnya. Tengok kanan tengok kiri, hasilnya sama, nihil!. Makin panik, jelas! Pasalnya saya tinggalkan dua tas bawaan di atas dan di bawah kursi bus tempat saya duduk. Isi tasnya jelas sangat penting sekali dong, gak cuman pakaian soalnya. Saat itu saya masih khusnudzon kalau si bus masih di area rumah makan, lagi ngumpet mungkin atau gimana gitu.

Akhirnya saya tanya petugas yang jagain pos satpam, "Pak, bus Malabar wis mangkat durung?". Jawabnya "wis mas, nembeken bae", maksudnya "sudah mas, barusan aja". Jelegerrrr. Mimpi apa saya semalam. Jelas yang ada di fikiran saya pertama kali setelah mendengar kepastian kalau busnya udah kabur adalah dua tas saya itu bakalan raib.

Kalau udah kayak gini, saatnya jurus andalan keluar. Let's say "all izz well". "Semuanya akan baik-baik saja Dik". Mencoba menenangkan kepanikan, dan mencoba nyari jalan keluarnya. Berfikir cepat, cerdas dan sistematis, kudu begitu! Langsung, saya tanya petugas bagian cek-mengecek bus yang datang ke pemberhentian. Bla bla bla, saya ceritakan kejadiannya ke bapaknya selengkap-lengkapnya. Bersyukur si bapak terlihat begitu bertanggung jawab untuk ngurusin orang telantar seperti saya ini. (makasih ya pak).

Solusi yang ditawarkan bapaknya adalah, saya dimintai nomer hapenya, nanti kalau barangnya sampai ke sini (tempat pemberhentian) lagi saya dihubungi. Terus nanti kalau udah sampai sini, tinggal nanti saya minta mau dikirim ke agen mana di Tangerang supaya bisa saya ambil barangnya. Sementara saya disuruh naik bus Dedy Jaya yang lain dengan tujuan terakhir Kalideres.

Sebenarnya saya agak bingung dengan maksud si bapak itu, berasa muter-muter gak sih? Nunggu sampai barangnya juga kelamaan. Beruntung waktu itu saya nanya contact yang bisa dihubungi di Tangerang sana. Dikasih lah saya sama si bapak nomer hape pengurus Dedy Jaya Tangerang. Setelah itu saya dianterin sama bapak yang lain ke bus Dedy Jaya tujuan Kalideres yang baru aja akan berangkat. Sebelum berangkat saya sempat ngobrol ini itu sama pak supir dan kernetnya. Dikasih opsi-opsi solusi yang lain. Walah makin bingung saja sayanya.

Biar begitu saya kudu tetap tenang, stay cool, biar gak gegabah nyari solusinya. Hingga akhirnya saya mikir bener juga kata si pak supir. Tetep kejar itu si bus Malabar, kalau beruntung ya nanti bisa kekejar itu bus, dengan catatan beruntung maksudnya bus yang akan saya naikin ini tiba di Jakarta tepat waktu. Ya sudah naik dulu saja lah, karena bus penuh, saya duduk paling depan samping supir.

Sambil jalan, sambil mikir. Sambil ngobrol juga sama si bapak supir. Suddenly langsung teringat sama nomer yang dikasih sama petugas yang di rumah makan tadi. Satu hal yang sangat saya syukuri ketika itu adalah mendapati bahwa dompet dan hape saya taruh di saku jaket. Artinya saya bisa lebih leluasa melakukan ikhtiar apa aja demi kembalinya dua tas saya itu.

Ikhtiar pertama adalah menghubungi nomer pengurus Dedy Jaya Tangerang itu. Dan, yak, tak semulus yang diharapkan. Pulsa reguler cuma menyisakan sekitar 1000 rupiah, dan beberapa sisa pulsa sms. Karena nomer yang bersangkutan itu Simpati, rasanya tidak cukup memadahi kalau cuman 1000an. Ah, kenapa tadi waktu berhenti gak beli pulsa. Terlanjur naik bus, jalan satu-satunya untuk mendapatkan pulsa adalah beli di teman yang jualan pulsa yang nomernya saya simpan di kontak hape. Yes, beruntung ada mbak Rani, cuman dia satu teman yang available jualah pulsa yang nomernya kesimpen di hape saya. Langsung saya sms. Sesaat setelah sms minta pulsa, saya sms aja deh si nomer pengurus itu, siapa tau dibalas (karena biasanya nggak)

Ikhtiar kedua, kembali ngobrol-ngobrol lagi sama supir dan kernet bus, siapa tau diberi pencerahan. Eh, malah ngasih dua opsi yang bikin saya tambah bingung. Tapi solutif juga sih. Pertama, disuruh turun di Jati Bening, terus ntar dari situ naik bus ke arah Tangerang atau BSD, karena kalau ikut ke Kalideres jelas bakal lama sampai BSDnya. Kedua, disuruh balik lagi ke rumah makan terus nunggu sampai si bus Malabar itu balik lagi ke sana. Karena opsi pertama memberikan kemungkinan saya bisa lebih cepat mendapatkan barang saya, tetep saya bersikukuh untuk mengikhtiarkannya, walaupun kemungkinan terbesar saya dapetin tasnya ya balik lagi ke rumah makan.

Nungguin pulsanya yang belum kunjung di balas, malah dapet balasan dari pengurusnya. Alhamdulillah dibalas, tapi, dilempar disuruh menghubungi petugas yang jaga agen di BSD. -_-" Ya mau gimana lagi, lanjut ikhtiar aja lah. Ikhtiar ketiga, karena si mbak belum bales, coba saya sms lagi aja itu nomer agen di BSD, siapa tau beruntung dibales lagi. *ngarep* =D

Secerca harapan pun muncul, saat temen saya itu bales dan terkirim lah pulsa (makasih ya ^,^). Sesaat setelah mengetahui pulsa terkirim, eh, si agen BSD malah nelfon saya. Harapan pun gak cuman secerca, makin gede, segede gaban. Hahaha. Ngobrol ini itu lewat telfon, yang diakhiri dengan solusi cemerlang yang bikin kans saya bisa dapetin barang saya hari itu juga makin besar, ya 75% lah. Intinya si agen itu akan bertanggung jawab mengamankan barangnya itu dengan cara menghubungi nomer kernet atau supir bus Malabar, dan saya disuruh untuk ngambil barangnya di agen BSDnya langsung.

Biar begitu, tetep aja kepikiran, itu tas masih dalam keadaan utuh gak ya, atau malah digondol oleh penumpang tidak bertanggung jawab. Ya, satu-satunya jalan mah tetep khusnudzon aja lah yah, gak ada gunanya juga mikir yang enggak-enggak. Lanjut perjalanan dengan perasaan sedikit lega daripada sebelumnya. Sambil mendengarkan cerita-cerita pak supir dengan kernetnya yang cukup inspiratif juga.

Singkat cerita tibalah saya di Jati Bening. "Oh, jadi ini ya Jati Bening", pertama kali tuh tau yang namanya Jati Bening kayak begitu. Ikhtiar berikutnya pun langsung dijalankan, menunggu bus jurusan Tangerang/BSD. Kurang lebih 10 menitan menunggu, datanglah bus warna kuning dengan tulisan di bagian atas kaca depannya "Bekasi-Tangerang". Beranjaklah saya ke dalam bus, dan langsung tanya pak supirnya "Pak, lewat BSD?". Pak supir mengangguk, tanda mengiyakan jawaban atas pertanyaan saya. Makin tenang aja dah pikirannya. Udah gitu busnya berAC pula, adem euy. Bener-bener kayak diskenariokan, abis berpanas-panas tubuh dan otaknya, langsung didinginkan sama tuh AC. Alhamdulillah.

Berjalan melewati kota Jakarta, jadi tau tempat-tempat di Jakarta dan sekitarnya. Hingga akhirnya sampai juga di gapura "Selamat datang di Kota Tangerang". Langsung mikir tuh, ini berhenti di BSDnya kapan ya? Hingga akhirnya bus berhenti di sebuah persimpangan sebelum sebuah jalan layang. "Ini BSD bukan ya?", dalam hati. Dari bagian depan bus, untungnya si kernet teriak-teriak ngasih tau kalau ini BSD. Turun dong sayanya. Ikutin arah orang lain yang juga turun di BSD. Waktu itu hari sudah petang hampir maghrib.

Sampai di BSD, terus kudu ngapain lagi? Tentunya ke agen Dedy Jaya BSD dong ya, terus mengejar Malabar! Ikhtiar berikutnya, nyari tau dimana tempat agen itu. Beruntung pulsa reguler sudah terkirim, jadi bisa nelfon si agen aja lah tanya lokasinya. Karena di pinggir jalan raya, suaranya gak terlalu jelas. Petunjuk yang terdengar jelas cuman saya disuruh nyari ITC BSD. Well, saya langsung naik angkot jurusan Serpong/BSD-Cikokol ke arah Serpong.

Bukan Tangerang kalau gak macet. Lumayan lama juga untuk sampai ke ITC, hampir satu jam! Hingga saya turun di ITC, belum saya temui juga tu agen. Saya telfon lagi tu agen. Yak dan akhirnya petunjuknya terdengar jelas, ke selatan dikit sekitar 1-2 kilo lagi. Yah, tau gitu ngapain tadi turun, -_-". Naik lah saya ke angkot dengan jurusan dan arah yang sama. Lima menit berselang, sampailah saya di agen Dedy Jaya BSD. Sedikit lebih bahagia lah. Hehe.

Langsung saya temui tu bang Mamad (petugas agen yang saya hubungi berkali-kali itu). "Oh, iya mas, tunggu aja disini. Busnya belum sampe sini", kata bang Mamad. Berharap tiba disana saya langsung menemui tasnya, ini malah disuruh nunggu lagi. Yaudah lah, sabar wae. Satu jam lebih nunggu, laper juga, menyadari bahwa terakhir makan ya cuman sarapan aja waktu masih di Brebes. Mau beli makanan takut udah dateng bisnya, ntar malah ketinggalan lagi, yaudah lah tahan aja dulu, ntar kalau udah dapet tasnya baru balas dendam. =D

Akhirnya tiba juga si bur Malabar. Dengan sumringah langsung saya samperin aja tu bus. Tanya kernetnya, eh, belum ketemu juga dengan tasnya. Katanya masih ditinggal di kantor pengurus di Cikokol. -_-". "Ntar bareng-bareng aja mas kesananya", kata bang kernet yang dititipin tas. Nunggu lagi dah. Setengah jam ada mungkin nunggu agen beres-beres tempatnya mau ditutup. Berangkatlah menuju Cikokol, yang berarti balik lagi ke utara pake angkot dengan jurusan yang sama dengan angkot yang tadi dinaikin waktu mau ke agen, namun dengan jarak yang jelas lebih jauh. -_-". Beruntung tidak macet, jadi bisa jalan lebih kenceng tu angkotnya.

Sampailah di kantor pengurus Dedy Jaya Tangerang, dan AlhamdulillahiRobbil'aalamiin. Plong se-plong-plongnya. Lega se-lega-leganya mendapati tas saya utuh, tak ada kurang sedikit pun. =) Eits, belum selesai petualangannya kalau belum nyampe Pamulang. Masih ada satu kekhawatiran lagi. Jam menunjukkan pukul 9.30 malam, masih ada angkot beroperasi nggak tuh yang sampe ke Muncul, terus dari Muncul ke Pamulang?

Sehingga ikhtiar terakhir adalah mengejar angkot. Beruntung masih ada tuh angkot ijo yang sampe Muncul. Ngebut pula angkotnya, jadi lumayan memberikan harapan. *apasih* =D Hingga akhirnya ampe muncul sekitar jam 10 lebih. Dan, yah, makin lega sayanya, karena masih ada angkot putih beroperasi di sana. Naik dan tinggal nunggu aja sampe Pamulang. Hingga akhir cerita ternyata nggak sampe Pamulang 2 angkotnya, sehingga terpaksa menghubungi rekan untuk direpotin jemput di pertigaan. Untungnya gak terlalu jauh. Hehe.

Begitu kira-kira petualangan mengejar Malabar. Jelas-jelas itu bukan lah suatu musibah yang merugikan. Justru itu menguntungkan, karena gak ada yang kurang sedikit pun kan? Paling cuma berkurang duitnya buat ongkos angkot beberapa ribu aja. Sementara menguntungkan bagi saya karena dengan petualangan itu saya jadi tau banyak. Pertama, pengetahuan tentang bus Dedy Jaya makin banyak. Entah itu trayeknya lah, jadwal pemberangkatannya lah, lokasi agennya dan yang lainnya. Terus bisa kenal dengan pengurus-pengurusnya juga itu merupakan silaturahim. Kedua, jadi tau kalau mau ke BSD naik apa aja, turun dimana. Terakhir, pengetahuan tentang Tangerang dan sekitarnya. Tau lokasi daerah-daerah penting antara Serpong-Cikokol, kayak stasiun Serpong, dan tempat-tempat keramaian di sana.

Semua itu karena Allah memang Maha Mengetahui apa yang hambaNya butuhkan. Memang sih, terkadang mengabulkannya tidak seperti yang kita rencanakan. Tapi pada akhirnya kita tahu, yang direncanakanNya jauh lebih indah. Asal kita mau untuk ikhtiar terus hingga kita melewati jalan yang direncanakaNya itu. Pokoknya keep on the track aja deh, sambil berprasangka baik sama Allah. Bukankah apa yang kita prasangkakan itu juga yang akan terjadi pada kita. Jadi baik buruknya prasangka kita, baik buruknya itu juga  yang akan terjadi pada kita. Semoga bermanfaat ya.. ^,^

You Might Also Like

4 comments

  1. petualangan yg menegangkan................

    ReplyDelete
  2. Judulnya sama dengan cerpen saya, yg saya tulis 2 tahun lalu

    ReplyDelete
  3. Ada yang tahu no telpon Agen Dedy Jaya yang di ITC BSD engga ya?

    ReplyDelete
  4. Masih nyimpen no telp agen dedy jaya di bsd, yg pak mamad itu mas? Boleh share? Saya butuh banget, urgen.

    ReplyDelete