Basecamp Baru

4:22:00 PM


Tempat yang enak untuk sekedar kongkow-kongkow dan menghabiskan waktu menurut definisi saya itulah basecamp. Emang paling pas kalau disebut basecamp aja karena kalau di bahasa Indonesia-in jadi “kemah dasar”, jadi wagu kan?. Nongkrong sambil menghilangkan penat, itulah sekiranya fungsi basecamp. Dan tentunya mencoba mencari manfaat di sela-sela waktu bersantai-santai ria.


Di umur yang sudah tidak muda lagi di perguruan tinggi, saya lebih banyak menghabiskan waktu tidak bersama teman-teman kelas. Alasannya ya karena emang udah jarang ketemu dengan mereka disebabkan jadwal kuliah yang berbeda-beda. Al hasil, saya kembali jadi kupu-kupu siang (kuliah pulang-kuliah pulang siang) kayak dulu waktu MaBa (mahasiswa baru). Sehingga untuk menghindari hal tersebut, saya niatkan untuk mencari aktivitas baru. Aktivitas yang bisa jadi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Hingga akhirnya ketemu lah basecamp baru, ialah UPT 2 kampus Gadjah Mada tercinta. Lebih tepatnya di ruang sirkulasi lantai 1 Unit Perpustakaan Terpadu 2 Universitas Gadjah Mada. Yah, setidaknya ada beberapa alasan yang menjadikan UPT ini sebagai basecamp.

Pertama karena lokasinya sangat strategis. Bersampingan dengan kampus Mipa Selatan. Dimana Milan (sebutan untu mipa selatan) adalah tempat yang sering saya bolak-balikin untuk kuliah dan sebagainya. Ditempuh dengan jalan kaki hanya memakan waktu satu menit dari Milan. Sehingga sangat mudah diakses kapanpun.

Kedua karena tempatnya sesuatu banget. Hehe. Sesuatu banget karena nyaman dan enjoyable. Ruangannya berukuran sekitar 10 x 10 meter dengan meja-meja dan kursi tersusun rapi di dalamnya. Dilengkapi dengan hotspot Wireless yang memudahkan pengunjung untuk mengakses internet via laptop atau gadget-gadget lainnya. Jadi bisa online sepuasnya. (Bisa jadi ini alasan utamanya. Hehe ). Kemudian, namanya juga perpustakaan, pastinya menawarkan koleksi buku-buku akademik maupun non akademik. Jadi sewaktu-waktu saya membutuhkan referensi tinggal cari di rak-rak buku yang tersedia. Ditambah lagi ruangan berAC (bukan “angin cendela" loh ya.. beneran AC, air conditioner) plus koperasi yang menyuguhkan aneka minuman dan makanan ringan jika sewaktu-waktu lapar atau haus. Dan satu lagi, saya juga tidak perlu bingung jika telah tiba waktu ibadah, karena terdapat mushola yang available untuk sholat berjamaah. Pokoknya, sesuatu banget deh. =)

Ketiga, tempatnya sangat pas untuk mengasingkan diri. Karena setelah beberapa hari mengamati perilaku para pengunjung UPT 2, jarang sekali orang-orang yang familiar mengunjungi tempat ini. Kadang memang dibutuhkan waktu untuk mengasingkan diri. Apalagi saat rutinitas sehari-hari membuat otak kita penat. Rasanya pengen menghindar dengan segala macam yang berhubungan dengan rutinitas tersebut. Ya boleh dikatakan waktu pribadi lah. Nah, mungkin disinilah tempat yang tempat, dimana saya bisa sejenak melupakan rutinitas dan merefresh kembali otak. Dengan harapan keluar dari tempat ini, seperti dibukakan kembali cakrawala berfikir saya untuk melanjutkan rutinitas berikutnya.

Itulah ketiga alasan kenapa UPT 2 ini menjadi tempat yang tepat untuk dijadikan basecamp. Dengan begitu saya bisa online sepuasnya, menyapa teman-teman yang nan jauh di sana. Gunanya ya tiada lain tiada bukan untuk mempererat ukhuwah dengan mereka. Saya juga bisa download-download anime, software, musik atau e-book sepuasnya dengan speed yang boleh dibilang, lumayan lah, pernah suatu kali saya download, kecepatan downloadnya sampai 3mb (mega byte) per second. Sugeeee. Dan yang pasti saya juga bisa dapat mengupdate informasi tanpa harus merogoh kantong sedikitpun. Hehe. Tidak hanya itu, suatu saat (kalau moodnya lagi bagus sih) sambil nyicil ngerjain skripsweet tercinta. Entah kenapa skripsi itu lebih enak dikerjakan kalau kondisinya lagi sesuatu banget. Ya, seperti dimana lagi kalau bukan di basecamp ini. Lagipula kalau lagi butuh referensi tambahan tinggal search aja, kan connect inet juga. Pokoknya mantab jaya dah.

Seperti itu kira-kira kondisi basecamp baru saya. Hanya memperkenalkan siapa tau ada yang tertarik ingin mampir ke sini. Terutama mahasiswa-mahasiswi MIPA. Cocok banget dah buat ente-ente pada. Bagi yang mungkin sudah pernah ke sini, coba deh, resapi kembali maknanya. Hehe. Daripada kumpul-kumpul bengak-bengok gak jelas di kampus, mending cari tempat yang sesuatu banget kayak di sini. Semoga bermanfaat. =)

You Might Also Like

0 comments