Kecamatan Brebes

3:30:00 PM

Kecamatan Brebes



Kecamatan Brebes berada di ujung timur laut Kabupaten Brebes yang terletak di daerah pantai utara yang berbatasn langsung dengan Laut Jawa, sekaligus juga sebagai ibukota Kabupaten Brebes yang terus berkembang menuju kota metropolis. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kota Tegal di timur, Kecamatan Jatibarang di selatan, serta Kecamatan Wanasari di barat.

Sebagai daerah perkotaan, sebagian besar kegiatan perekonomian di Kecamatan Brebes didominasi oleh perdagangan dan jasa. Di daerah pesisir, umumnya penduduk bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani tambak (ikan bandeng, udang dan budidaya rumput laut) dan peternak bebek, sedangkan di daerah selatan, umumnya bermatapencaharian sebagai petani bawang merah dan buruh tani.

Sebagai salah satu kecamatan yang dilalui jalur Pantura ini tentunya Kecamatan Brebes menjadi yang paling crowded diantara kecamatan-kecamatan di Kabupaten Brebes yang lain. Di tambah lagi semua pusat kegiatan pemerintahan juga ada di Kecamatan Brebes ini.
Banyaknya sarana dan prasarana di Kecamatan ini juga menambah betapa hiruk pikuknya Kecamatan dengan jumlah penduduk 154.960 jiwa (tahun 2006) ini.

Seperti sarana hiburan masyarakat di Alun-alun Kota Brebes, sarana ibadah di Masjid Agung Kota Brebes, sarana pusat perbelanjaan di Dedy Jaya Plaza dan Toko Swalayan Nirmala, sarana kesehatan di RSUD Brebes dan RS Dedy Jaya, sarana pariwisata di Pantai Randusanga Indah dan Wisata air Ciblon, beberapa sarana pendidikan mulai dari TK sampai perguruan tinggi, dan sarana-sarana lain seperti perbankan, perhotelan, dan stasiun radio terdapat di kecamatan dengan luas 8.132 km² ini. Selain itu, banyaknya perumahan-perumahan yang dibangun menandakan bahwa Kecamatan Brebes ini menjadi favorit untuk menjadi tempat tinggal bagi warga Kabupaten Brebes dan sekitarnya.
Masjid Agung Brebes
Alun-alun Brebes
Di Kecamatan Brebes ini pula terdapat jembatan di atas sungai termasyhur di Kabupaten Brebes. Ialah jembatan Sungai Pemali yang terdapat di jalur Pantura, menghubungkan Kecamatan Brebes dengan Kecamatan Wanasari. Jembatan besar yang terdiri dari dua ruas dengan arah arus yang berlawanan ini sudah kokoh berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Namun jika kita lihat kondisinya sekarang, jalanan sudah terlihat tergerus oleh kendaraan yang setiap hari melintasi jembatan tersebut, sehingga tidak jarang akan kita jumpai lubang-lubang jalan disekitar ruas jembatan. Masalah klasik yang dialami Kabupaten Brebes sampai saat ini. Alih-alih pemerintah terkait sampai sekarang masih mencoba mengatasi masalah tersebut dengan melakukan perbaikan-perbaikan jalan dan pembangunan-pembangunan jalan baru di beberapa ruas di jalur Pantura, termasuk ruas jembatan sungai Pemali ini.

Sebagai area yang banyak penduduknya dan sering di kunjungi pengunjung, Kecamatan Brebes juga menyuguhkan berbagai wisata kuliner khas Brebes. Telur asin sebagai maskot Kabupaten Brebes beberapa sentra produsennya akan begitu banyak kita jumpai di Kecamatan Brebes. Tidak hanya telur asin, kuliner-kuliner lain seperti nasi lengko, kupat glabed, sate blengong, dan berbagai kuliner lainya juga dapat kita nikmati di sini.

You Might Also Like

0 comments